Pengalaman Pertama

Bloggerwan adalah blog yang resmi diluncurkan sejak 22 Juni 2013 dengan platform WordPress dan dihosting oleh BLOGdetik.com. Namun aku sendiri telah memulai ngeblog sejak 16 November 2011, blog tersebut dihosting oleh Blogger.com yang aku beri nama Dwijayasblog, yang sekarang nasibnya cuma jadi satelit untuk blog utamaku.

Kenapa beralih ke BLOGdetik.com? Karena rupanya BLOGdetik.com tidak suma sekedar tempat membangun blog tapi juga bisa membangun jejaring sosial antar blogger. Selain itu BLOGdetik.com dan komunitas didalamnya sering juga mengadakan lomba blog yang merasang kreatifitas dalam hal menulis.

Yang menjadi kendala pada saat pertama kali memulai blog:

Kurangnya Pengetahuan Seputar Teknik Blogging

Pertama kali ngeblog, aku sempat kebingungan untuk mengatur tampilan blog agar lebih baik. Untungnya banyak sekali tutorial seputar ngeblog yang dapat aku terapkan. Sedikit demi sedikit pengetahuanku seputar teknik blogging pun bertambah.

Kuatir Dianggap Bodoh

Aku tidak pandai dalam hal menulis dan mendesain blog, dua hal ini tetap menjadi momok yang menakutkan bagiku yang juga membuat aku kuatir jika dianggap bodoh baik sesama blogger maupun pengunjung blog. Tapi, aku pikir, jika terperangkap pada dua hal tersebut mungkin aku hanya jalan ditempat dan tidak melakukan apa-apa.

Menemukan Fokus Pembahasan

Blog pertama yang aku kelola juga blog yang terakhir tidak pernah punya fokus pembahasan yang tetap karena aku merasa blog itu adalah media komunikasi yang tidak perlu memfokuskan pada satu hal untuk dibahas.

Kreatifitas Menulis

Kadang-kadang jika ada ide untuk menulis dalam satu hari aku bisa membuat lebih dari satu postingan. Di lain hari aku merasa sangat kesulitan untuk menulis yang akhirnya tidak ada satu pun artikel yang berhasil aku buat. Namun sekarang aku menyadari bahwa perlu mengatur jadwal posting agar blog terlihat sering dimutakhirkan.

Membangun Hubungan Dengan Pembaca

Awalnya aku ragu untuk melakukan kunjungan ke blog yang dikelola orang lain karena biasanya isi blog yang satu dan yang lain itu tidak jauh berbeda. Ditambah lagi kadang-kadang pengelola blog begitu ketat dalam memberikan aturan cara berkomentar. Namun, salah satu cara untuk membuat blog yang kita kelola dikenal orang lain adalah dengan cara membangun hubungan dengan blogger lain yang mungkin juga pernah mengunjungi blog yang kita kelola.

Model Monetasi Blog

Banyak blogger yang menjadikan blognya sebagai mesin uang. Baik itu dengan mengikuti lomba/kontes blog atau memasang iklan. Itulah yang aku lakukan karena selain ingin mengetahui kapasitas dalam hal menulis juga ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.

Sampai saat ini, dalam hal blogging menurutku adalah Anda tidak perlu merasa hebat untuk memulai tetapi mulailah untuk menjadi yang terhebat, gunakan ilusimu sedemikian rupa sehingga apa yang Anda tulis adalah memang apa yang ingin Anda sampaikan, dengan membuka diri belajarlah mengenal semua hal dan rekan-rekan sesame blogger janganlah bertanya apa yang blog Anda bisa lakukan tapi apa yang bisa Anda lakukan dengan blog Anda.

Dapat uang melalui internet var linkwithin_site_id = 1868317;Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... StumbleUpon

Comments are closed.

Silakan baca selengkapnya di Bloggerwan - Pengalaman Pertama. Terima kasih.